This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Chinese Food] Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy

Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
baca98.blogspot.com - Assalamualaikum wr. wb. Mbak Endang, selamat malam... Oiya, saya seneng banget nemu blog JTT.... Saya beberapa kali nyoba resepnya dan gak ada yg gagal. Alhamdulillah.
Maksud saya kirim email ni mau nanya dan request resep dari Mbak Endang nih.... Saya itu tertarik banget sama yg namanya Macaron.... Imut-imut dan enak rasanya .... Tapi saya nggak berani nyoba bikin Mbak .... Takut gatot (gagal total) karena lihat resep di internet nggak ada yg bisa bikin hati saya sreg. Pikir saya ah nggak bisa ngandalin blog lain kecuali JTT tercinta.... Hehehe. Kapan nih sekiranya Mbak Endang coba-coba Macaron? Saya cuma percaya resep yg unik-unik klo Mbak Endang sudah posting. :)
Oiya Mbak, maaf kalau saya banyak cerita, saya sebenarnya mau share info resep Pie Susu khas Bali nih Mbak yg sudah berkali-kali saya buat, enak, sedep, renyah, dan pas mau dimakan rasanya garing kulit pie dan adonan susu yg dipanggang jadi maknyusss (jadi ikutan lebay nih Mbak) hahaha...
Pengen deh kalau Mbak Endang coba buat pie susu ni yg super duper mudah.... Maaf kalau saya lancang kasih-kasih info, maapin ya Mbak :)
Veggy Viarda
Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la VeggyResep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Bait-bait kalimat pd paragraf di atas saya ambil dari email yg dikirimkan oleh Veggy Viarda kepada saya bulan lalu. Ketika email saya terima, baca dan balas, kepala saya telah penuh dgn keinginan untk bisa segera mengeksekusi pie susu Bali lezat seperti deskripsi Veggy. Tapi sebagaimana ratusan resep lainnya yg masih 'nangkring' di arsip blog maka seringkali resep tersebut kemudian terlupakan, tergantikan dgn resep lainnya.
Minggu lalu tiba-tiba saya teringat kembali dgn resep pie susu Bali ketika membalas pertanyaan Veggy di fan page Facebook JTT. Noni cantik nan baik hati ni menanyakan apakah saya telah berhasil membuat pie susu Bali yg resepnya pernah dikirimkan ke saya sebelumnya sambil melampirkan foto dan kata-kata, "Kemarin saya baru buat lagi pie susunya Mba. Ini fotonya saya lampirkan ya,".Pie susu Bali yg dibuat Veggy terlihat menggiurkan dan membuat saya langsung mencari-cari email berisi resep dan step by step proses yg disusunnya dgn rapi. Sialnya email tersebut tak saya temukan dan dgn berat hati akhirnya saya pun meminta Veggy mengirimkan ulang resep beserta prosesnya. Tidak memakan waktu lamaresep dan proses pie susu Bali a la Veggy telah masuk ke inbox Facebook JTT. ^_^
Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Hal pertama yg membuat saya tertarik untk mencoba resep pie ni adlh kemudahan yg dijanjikannya. Bahan kulit pie hanya terdiri atas tepung terigu, mentega dan sedikit gula yg diaduk menjadi satu hingga berbutir-butir. Veggy menyarankan proses pencampuran adonan dgn menggunakan jemari tangan, tapi untk proses kali ni saya mencacahnya menggunakan pisau pastry. Adonan kulit memiliki tekstur remah dan tak menggumpal, jangan tergoda untk menambahkan air karena kondisi adonan yg seperti ni yg membuat pie crust menjadi sangat renyah. Jika anda tak memiliki pisau pastry seperti yg saya gunakan maka anda bisa mencampurkan adonan dgn cara menggesekkan mentega yg berlumuran tepung dgn jari tangan hingga menjadi berbutir-butir. Atau gunakan dua buah pisau / garpu untk mencacah mentega dan tepung. Untuk rasa crust terbaik saya sarankan anda menggunakan mentega dibandingkan margarine. Rasa mentega yg milky membuatnya terasa mewah dan pas bersanding dgn adonan isi yg lezat.

Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Veggy mengatakan pie susu Bali terkenal dgn bentuknya yg tipis, dengan crust yg renyah dan garing. Biasanya pie dipanggang di dlm cetakan pie berukuran kecil, diameter sekitar 5 - 8 cm, dgn ketebalan sekitar 2 cm. Awalnya sebagai percobaan saya menggunakan cetakan kue apem yg memiliki lekukan-lekukan di sekujur badannya, tapi apesnya walau loyang telah dioles dgn margarine, pie tetap menempel rapat di cetakan ogah dilepaskan kala telah matang membuat saya terpaksa harus mengeruknya dgn sendok kala akan menyantapnya. Akhirnya dgn sangat menyesal saya pun menggunakan cetakan pie bongkar pasang andalan saya. Nah jika anda melihat pie susu Bali ni terlihat seperti Hongkong Egg Tart maka saya katakan sejujurnya bahwa keduanya sebenarnya mirip hanya pie susu Bali biasanya memiliki ukuran diameter yg kecil dgn kulit yg super tipis, tinggi pie pun tak terlalu tebal dan terasa sangat renyah. Jadi jika anda ingin menghadirkan pie susu yg benar-benar khas Bali maka buatlah pie menjadi berukuran kecil dan tipis selayaknya pie susu Bali umumnya.
Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Adonan isinya sendiri sangat mudah dibuat, semua bahan cukup diaduk menjadi satu. Veggy menyarankan menggunakan mikser, tapi saya mengaduknya hanya menggunakan spatula balon saja. Adonan isi kemudian disaring agar benar-benar smooth. Sejujurnya jika anda menggunakan cetakan pie kecil diameter sekitar 5 cm mungkin anda akan menghasilkan sekitar 20 buah pie, tapi karena saya menggunakan loyang pie bongkar pasang dgn diameter 20 cm maka saya hanya menghasilkan 1 loyang pie dan adonan crust masih tersisa sedikit.
Sekarang kita bahas mengenai rasanya. Hanya satu kata, super! Crustterasa renyah, remah dan meleleh di mulut sangat pas dgn isi pie yg lembut, halus dan kaya akan rasa. Pie ni jauh lebih sedap dibandingkan dgn Hong Kong Egg Tart yg pernah saya posting sebelumnya. Kulit pie sangat rapuh karena itu lepaskan dari loyang saat kondisinya telah dingin dan potong pie dgn pisau yg benar-benar tajam.
Well, tak ada yg sulit dlm pembuatan pie ini, jadi saya sarankan anda untk segera mencobanya. Berikut ni resep dan prosesnya serta many thanksbuat Veggy Viarda untk resepnya yg 'ciamik'! ^_^
Hong Kong Egg Tart
Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Pie Susu Bali a la VeggyResep diadaptasikan dari Veggy Viarda

Untuk 1 buah pie dgn loyang bongkar pasang diameter 20 cm / 20 buah pie dgn cetakan diameter 5 cm

Tertarik dgn resep pie lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Hong Kong Egg Tart
Mini Strawberry Pies - Tiga buah pie saya masih kurang. Kalau anda?
Pisang Molen Coklat Keju dgn Puff Pastry Instan
Bahan kulit pie:- 250 gram tepung terigu protein sedang- 125 gram mentega (saya pakai merk Anchor), kondisi dingin dan keras dari kulkas, potong-potong ukuran 2 x 2 cm- 1 sendok makan gula pasir
Untuk adonan susu:- 3 butir kuning telur- 1/2 kaleng (200 gram) susu kental manis- 100 ml air
Cara membuat: Siapkan oven, set disuhu 160'C. Letakkkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan cetakan pie. Anda bisa menggunakan cetakan pie ukuran kecil diamter 5 cm, / loyang bongkar pasang diameter 20 cm. Olesi cetakan dgn menggunakan margarine. Sisihkan.

Membuat kulit pie (crust)

Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan potongan mentega. Aduk dan lumuri mentega dgn tepung, kemudian dgn menggunakan pisau pastry cacah mentega yg berlumur tepung hingga menjadi potongan dan butiran kecil. Adonan akan terasa remah dan kering, teruskan mencacah hingga adonan terlihat menggumpal.

Aduk adonan dgn jemari tangan, gumpalkan hingga adonan menyatu dan tak ada remah-remah yg lepas. Sisihkan.

Membuat adonan isi

Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Siapkan mangkuk, masukkan kuning telur. Aduk dgn spatula balon hingga tercampur baik dan menjadi adonan yg smooth. Masukkan susu kental manis dan air, aduk rata hingga tercampur baik. Saring adonan. Sisihkan.

Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy
Tuangkan sebagian adonan ke dlm cetakan pie, tekan-tekan adonan dgn ujung jari dan tutupi seluruh permukaan cetakan. Rapikan adonan yg melewati batas permukaan cetakan dgn memotongnya menggunakan pisau.

Tuangkan adonan isi, jangan sampai penuh, sisakan sekitar 1/2 cm dari permukaan pie. Tusuk gelembung udara yg muncul di permukaan adonan isi dgn tusuk gigi hingga tak ada gelembung tersisa. Panggang di oven yg telah dipanaskan sebelumnya selama 30 menit / hingga kulit pie terlihat kuning kecoklatan dan adonan pietampak mengeras.

Keluarkan pie dari oven, dinginkan hingga benar-benar dingin di dlm loyangnya. Lepaskan hati-hati dan potong pie sesuai selera. Super yummy!

0 Response to "[Chinese Food] Resep Pembaca JTT : Pie Susu a la Veggy"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *