This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Kenapa Angin Bisa Berhembus ?

Kenapa Angin Bisa Berhembus ?Bayangkan, pd suatu siang yg panas, kita sedang berada dibawah pohon yg rindang disertai oleh hembusan angin yg bertiup sepoi-sepoi. Amboi...segar dan nyaman bukan? Ya,tentu saja,hembusan angin membantu kita untk mendinginkan badan yg panas oleh keadaan disekitar kita pd saat tersebut. Gambaran keadaan yg menyenangkan tadi hanya sebuah pengantar terhadap suatu fenomena alam yg hampir tiap hari kita temui. Fenomena apakah itu? Ya, fenomena itu tak lain yaitu hembusan angin. Hampir tiap manusia merasakan hembusan angin. Selain itu, banyak sekali peristiwa-peristiwa yg ada disekitar manusia yg disebabkan oleh hembusan angin..

Lalu, KENAPA anginbisaberhembus? Jawaban pertanyaan itu sebagai berikut:
Perlu difahami terlebih dahulu bahwa istilah "angin yg berhembus" sebenarnya bukan istilah yg tepat 100% secara tinjauan ilmu pengetahuan. Ketidaktepatan penyebutan istilah itu berasal dari arti angin itu sendiri yaitu udara yg bergerak. Jadi, yg berhembus / bergerak itu bukan angin, tapi udara. Nah, udara yg berhembus itulah yg disebut angin. Namun, sebuah istilah yg telah mengakar dan biasa untk digunakan terkadang menjadi sesuatu yg dibenarkan dan dianggap tepat. Oleh karena itu, tulisan ni tetap berjudul KENAPA ANGIN BISA BERHEMBUS.

Selanjutnya, untk menjawab pertanyaan tadi, kita harus mengenal arti dari angin. Angin diartikan secara mudah yaitu udara yg bergerak. Jadi, tiap udara yg bergerak itu disebut angin. Angin mempunyai jenis yg bermacam-macam. Macam jenis yg kita kenal yaitu angin sepoi-sepoi dan angin ribut. Meskipun kedua jenis angin ni sangat berbeda dari segi akibat yg ditimbulkannya, prinsip kerja kedua jenis angin ni sama yaitu adanya udara yg bergerak. Nah, penyebab bergeraknya udara ni jg sama dan penyebab inilah yg menjadi jawaban dari pertanyaan KENAPA anginbisaberhembus.

Jadi, KENAPA anginbisaberhembus? Jawabannya yaitu KARENA adanya perbedaan tekanan udara disekitar angin tersebut. (Pengertian tekanan yaitu besaran yg ditimbulkan dari adanya gaya yg dilakukan oleh suatu luasan tertentu. Baca lagi :KENAPA PISAU DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMOTONG).

Gambaran yg mudah untk membuktikan bahwa tekanan merupakan penyebab udara bergerak dpt dilihat dari peristiwa bocornya ban sepeda. Ketika ban sepeda tertusuk paku, udara yg ada didalam ban akan keluar. Demikian jg dgn balon yg berisi udara yg dibuka simpulnya. Udara akan berhembus dari dlm balon menuju ke luar. Peristiwa yg ada disekitar kita pun seperti itu juga. Ketika ada udara yg bergerak, hal itu karena adanya tekanan yg berbeda yg ada disekitar udara tersebut. Tekanan ni biasanya disebabkan karena perbedaan suhu udara disatu tempat dgn tempat yg lain. Contohnya seperti perbedaan tekanan udara didarat dan dilaut yg akan menimbulkan angin darat dan angin laut. Jadi, kenapaanginbisaberhembus? Angin bisaberhembus karena adanya perbedaan tekanan udara disatu tempat dgn tempat lainnya.

source : http://bbc.co.uk, http://kotak-abu.blogspot.com, http://liputan6.com

0 Response to "Kenapa Angin Bisa Berhembus ?"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *