This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Islami] Sunnah Harian Rasulullah SAW yang Besar Manfaatnya...

Sunnah Harian Rasulullah SAW yang Besar Manfaatnya...baca98.blogspot.com - Dari ‘Amr bin ‘Auf bin Zaid al-Muzani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,Barangsiapa yg menghidupkan satu sunnah dari sunnah-sunnahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yg mengamalkannya, dgn tak mengurangi pahala mereka sedikit pun, (HR Ibnu Majah: 209).
9Trendingtopic - HADISTS yg agung ni menunjukkan keutamaan besar bagi orang yg menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, terlebih lagi sunnah yg telah ditinggalkan kebanyakan orang. Oleh karena itu, Imam Ibnu Majah mencantumkan hadits ni dlm kitab Sunan Ibnu Majah pd Bab: (Keutamaan) orang yg menghidupkan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yg telah ditinggalkan (manusia).

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari berkata, Orang muslim yg paling utama adlh orang yg menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yg telah ditinggalkan (manusia), maka bersabarlah wahai para pencinta sunnah (Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam), karena sesungguhnya kalian adlh orang yg paling sedikit jumlahnya (di kalangan manusia).

Nah, apa saja sunnah harian Rasulullah itu?

Pertama: Shalat tahajjud, Semua rasul, Nabi, kekasih Allah (auliya) dan para ulama salaf tak meninggalkan shalat tahajud. Ini merupakan ciri orang saleh dan ikhlas. Dalam rangkai sahabat Ali Bin Thalib menyatakan bahwa, salah satu dari obatnya hati adlh shalat malam dan tahajud. Dan Allah S.W.T berfirman : Dan pd sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhan Mu mengangkat kamu ke tempat yg terpuji, ( Al-Israa’:79).

Kedua: Membaca Al-Quran dgn Terjemahannya, Al-Quran merupakan petunjuk dan sumber mata kehidupan. Al Qur’an merupakan pedoman muslim untk hidup dan menjalani kehidupan. Maka membaca / tadarus Al-Quran itu penting sekali, kita tak hanya disuruh membaca, tetapi jg memahami dan menghayati artinya serta dilanjutkan dgn mengamalkan ajaran-ajaran yg terkandung di dalamnya.

Ketiga: Memakmurkan masjid/shalat subuh di mesjid. Masjid adlh rumah nya Allah. Mesjid adlh sebuah tempat suci bagi orang-orang yg senantiasa mensucikan dirinya secara lahir maupun batin. Masjid merupakan tempat untk menggembleng pengalaman-pengalaman ruhani/spiritual, mengokokohkan iman dan tauhid. Masjid jg sebagai tempat tinggal landas bagi mi’rajnya orang-orang beriman. Dalam artian ini, masjid sebagai tempat menginternalisasikan nilai-nilai Ilahiyah ke dlm dirinya sebagai modal utama dlm kehidupan, baik secara individu, dlm lingkup rumah tangga, masyarkat dan bangsa bahkan dlm lingkup dunia global.

Keempat: Shalat Dhuha. Salah satu rahasia Shalat dhuha adlh karena Shalat Dhuha adlh sedekah.Shalat dhuha adlh ibadah sunnah yg senantiasa dilakukan Rasullah Saw.

Setiap amal ibadah yg diperintahkan ataupun dianjurkan Allah dan Rasul- Nya pasti ada rahasia yg tersembunyi di dalamnya. Memang kadang kemampuan akal kita tak dpt menjangkau/memahaminya. Tapi yg pasti semuanya itu adlh demi kemasalahatan dan kemanfaatan kita, manusia. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Setiap persendian manusia diwajibkan untk bersedakah tiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adlh sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya / mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adlh sedekah. Berkata yg baik jg termasuk sedekah. Begitu pula tiap langkah berjalan untk menunaikan shalat adlh sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adlh shadaqah, (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang-orang salafush-shaleh pernah bilang Jika kalian menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak, maka lakukan shalat dhuha.

Kelima: Bersedekah. Allah menyukai orang yg suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yg bersedekah tiap hari. Seorang sudah bisa disebut mukmin yg sebenarnya, jika sudah bersedekah. Carilah rizki dgn sedekah. Demikian jg bertaubatlah dgn bersedekah, jika kita sakit jg hendaknya bersedekah. Banyak sekali ayat Al-Quran yg menegaskan dan memerintahkan akan hal ini. bersedekah merupakan tolok ukur dan ciri dari orang-orang yg beriman, shaleh dan bertakwa.

Keenam: Menjaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yg berwudhu. Nabi saw, senantiasa dlm keadaan wudhu, baik dlm waktu dan keadaan apapun. Jangan tinggalkan wudhu. Kalau batal, berwudhulah kembali. Hal itu merupakan kebutuhan kita sendiri dlm rangka untk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kalau kita selalu berwudhu insya Allah akan selamat dari ikatan dan kegenitan dunia dan terjaga dari hal-hal yg kotor (kotoran yg bersifat maupun ruhani). Selanjutnya kita terjaga dari hal-hal yg tak bermanfaat dan dari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela. Karena wudhu merupakan proses pembersihan badan kita secara silmutan dilanjutkan dlm rangka untk pembersihan fitrah dan hati / rohani kita.

Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, Orang yg selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu solat walau ia sedang tak shalat, dan dijaga oleh malaikat dgn dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia, ya Allah.

Ketujuh: Amalkan istighfar tiap saat. Dengan istighfar masalah yg terjadi kerana dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. istighfar tiap saat dan dlm segala aktivitas apapun diperintahkan beristiqfar. Ketika kita mau tidur, mau makan dlm melakukan suatu pekerjaan, di jalan, di mobil dan di manapun hendaknya selalu dlm keadaan beristiqfar. Orang yg kuat istiqfarnya, maka insting dan kecenderungan rahmatnya (berguna dan bisa membahagiakan orang lain / bahkan makhluk lain) sangat kuat sekali. Ia pun jg menjadi penuh dgn keutamaan-utamaan, doanya mustajab dan firasatnya tajam (mampu berpikir positif dan menerawang ke depan/berpikir visioner).

Bila kita mampu menjaga dan melakukan tujuh sunnah Rasullullah SAW ini, maka Insya Allah akan muncul sifat-sifat terpuji. Bicaranya dakwah, diamnya zikir, nafasnya tasbih, matanya memancar cahaya rahmat..






Sumber : Islampos.com

other source : http://9trendingtopic.blogspot.com, http://cnn.com, http://hipwee.com

0 Response to "[Islami] Sunnah Harian Rasulullah SAW yang Besar Manfaatnya..."

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *