This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Cake] Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
baca98.blogspot.com - Belakangan ini, semangat saya untk membuat cake sedang tinggi, gara-garanya beberapa kali browsing di internet selalu terdampar ke aneka gambar cake yg terlihat cantik dan yummy. Well, sebenarnya kalau bicara mengenai kecantikan cake / tampilan makanan, terus terang saya lemah di area tersebut. Masakan saya selalu hadir apa adanya, polos dgn bentuk yg sering kali mengkhawatirkan. Entah kenapa tangan ni sulit sekali untk menciptakan penganan dgn bentuk yg menggoda sebagaimana yg sering ditampilkan di aneka blog / website kuliner lainnya. Masalah utama mungkin karena faktor kesabaran. Saya yg selalu ingin segala sesuatu serba cepat terkadang lupa bahwa kue adlh benda yg memerlukan estetika kala membuatnya. Unsur sabar inilah yg benar-benar kurang dlm hidup saya. ^_^
Walau menyerah dan mengibarkan bendera putih kalau berbicara tentang penampilan. Ehem, maksud saya disini adlh penampilan makanan bukan penampilan diri. Tapi ketika bertemu dgn sebuah resep bolu gulung yg mudah dgn tampilan yg cantik, hati ni meleleh juga. Walau momen bolu gulung bermotif seperti ni sudah lama lewat (lagi-lagi saya selalu tak up to date) bukan berarti saya mengurungkan niat untk mencobanya. Nah idenya adlh Swiss Roll alias bolu gulung ni bermotif seperti kulit jerapah tapi harus saya akui motif cake ni tampak seperti benang yg ruwet. Apakah anda setuju? ^_^

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Bolu gulung merupakan salah satu resep cake yg cukup banyak di request oleh pembaca JTT dan yg enggan untk saya praktekkan di rumah semata-mata karena prosesnya yg panjang. Bayangkan saja, adonan cake yg sudah matang dari loyang harus digulung dan buka, diolesi dgn aneka krim dan digulung lagi. Bahkan saya yakin membaca step by step yang saya sertakan di bawah saja telah membuat perut anda kenyang akan kue ni dan 'eneg' untk mencobanya sendiri di rumah. Parahnya lagi saya ni termasuk pecinta detail yg jika menampilkan segala sesuatu harus lengkap bahkan hingga ke hal-hal yg remeh dan temeh. Jadi bisa anda bayangkan untk postingan Swiss Roll ni saya harus meng-upload sekitar 21 gambar! Entah kenapa hati ni tak rela jika proses pembuatannya tak saya sertakan dgn lengkap. Pertama tentu saja demi kepuasan batin dan mata saya dan yg kedua tentu saja demi anda, pembaca setia JTT yg sangat saya cintai. Lebay dot com. ^_^
Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Membuat bolu gulung sangatlah mudah. Well, kita harus mengedepankan kata mudah dulu bukan dan melupakan kegagalan demi kegagalan yg menumpuk di tempat sampah di dapur? Tapi swear, bolu gulung sebenarnya sangat mudah dibuat jika anda tahu tips dan trick-nya. Sejujurnya ni adlh bolu gulung kedua yg pernah saya buat dan jika anda ingin mencoba membuatnya, saran saya bacalah terlebih dahulu resep dan proses pembuatannya dgn baik sehingga ketika anda mencobanya tak ada proses yg terlewat. Umumnya kendala utama membuat Swiss Roll bukan pd saat membuat adonan dan memanggangnya, tetapi pd saat menggulung cake yg telah matang menjadi satu gulungan yg smooth, tak pecah, retak / robek. Untuk menghasilkan cake yg luwes dan elastis kala di gulung maka Swiss Roll menggunakan adonan sponge cake yg ringan, dimana kuning telur diaduk terpisah dgn bahan lainnya sementara putih telur dikocok hingga kaku. Kemudian kedua bahan ni digabungkan menjadi satu untk menghasilkan adonan yg tak berat.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Umumnya resep adonan untk Swiss Roll tak membutuhkan banyak lemak (minyak/margarine/mentega) di dalamnya. Terlalu banyak lemak akan membuat tekstur cake menjadi berat, berminyak dan kurang elastis sehingga sulit untk ditekuk dan digulung, kalaupun bisa akan mengakibatkan cake menjadi pecah dan robek. Untuk menutupi tekstur cake yg tak terlalu lembut biasanya bolu gulung ni lantas diisi dgn aneka krim, selai dan potongan buah-buahan / terkadang siraman coklat pd / permukaannya.
Salah satu faktor lainnya yg menyebabkan cake pecah adlh cake yg terlalu tebal. Idealnya cake memiliki ketinggian 1 1/2 hingga 2 cm karena itu pastikan loyang yg anda gunakan sesuai dgn banyaknya adonan yg dibuat. Irisan-irisan memanjang di permukaan cake biasanya dibuat untk membantu cake mudah kala digulung dan tak pecah pd bagian pinggirnya. Swiss roll yg telah matang dipanggang harus digulung saat kondisi masih hangat dgn menggunakan alat bantu seperti kertas baking / kain serbet yg bersih dan didiamkan hingga agak dingin untk menjaga supaya bentuknya tak berubah kala aneka isi diaplikasikan di bagian dalamnya.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Saat ni Swiss Roll bukan hanya sekedar bolu gulung biasa, dgn kreatifitas yg luar biasa telah hadir varian bolu gulung dgn aneka motif / pola pd permukaannya. Jika anda bertanya-tanya bagaimana caranya membuat aneka pattern yg tercetak di permukaan cake ni maka sebenarnya prosesnya sangat mudah. Untuk cake yg saya posting ini, saya bermaksud untk membuat pola kulit jerapah yg unik. Anda jg bisa membuat aneka pola lainnya sepeti polkadot, bentuk hati, kotak-kotak / lingkaran kecil, dan aneka pola gambar lainnya seperti yg anda lihat di internet. Warnanya pun bisa disesuaikan dgn selera anda, cukup dgn menyisihkan sedikit adonan, menambahkan pasta pewarna dan membentuk polanya di permukaan loyang. Agar pola yg telah susah payah anda buat ni mampu bertahan walaupun adonan cake diguyurkan di atasnya maka loyang perlu dimasukkan ke dlm freezer untk membuat pola menjadi beku dan keras.
Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Untuk hasil terbaik, ada bagusnya jika anda membuat gambar pola terlebih dahulu di sebuah kertas HVS. Gambar pola ni lantas anda letakkan di bawah kertas baking yg akan anda gunakan untk mencetak gambar. Kertas baking umumnya transparan sehingga pola gambar di bawahnya akan terlihat. Nah anda tinggal mengikuti garis-garis pola sesuai dgn gambar yg tercetak di kertas. Cara ni membuat hasil pola adonan yg anda buat menjadi lebih rapi terutama jika anda harus membuat gambar-gambar rumit seperti bentuk bunga, bagian kepala Miki Mouse / tokoh kartun lainnya.
Sekarang kita masuk ke bagian krim pengisinya. Disini saya mengoleskan permukaan cake dgn selai nanas dan berhubung selai nanas yg saya gunakan merupakan jenis yg keras dan biasa dipakai untk mengisi nastar maka selai saya encerkan terlebih dahulu dgn sedikit air dan masak hingga sedikit mencair. Anda bisa menggunakan jenis selai lainnya dan jika anda menggunakan selai botolan yg biasanya tak terlalu kental, maka selai bisa langsung diaplikasikan ke cake. Selain selai nanas, saya jg mengoles permukaan cake dgn krim kental yg saya kocok dgn sedikit gula hingga kaku. Anda bisa menggunakan pisang yg dihaluskan yg dicampur dgn krim / mentega yg dikocok dgn gula (buttercream). Atau kocok krim bersama coklat bubuk dan sedikit kopi untk memberikan rasa mocha. Semua saya yakin tetap lezat rasanya.
Membuat Swiss Roll tidaklah sesulit yg dikira dan saya yakin anda pasti bisa jg mencobanya di rumah. Nah berikut resep dan prosesnya ya.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Jerapah Swiss Roll Cake
Resep didaptasikan dari web Recipe Can - Sakura Swiss Roll Cake

Untuk 1 buah roll cake dgn loyang ukuran 35 x 25 cm

Tertarik dgn resep lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Jelly Roll Isi Selai Strawberry
Castella (Kasutera) - Japanese Sponge Cake yg Lembut & Fluffy!
Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Bahan A: - 4 buah kuning telur ukuran besar - 20 gram gula pasir - 1 sendok teh vanilla ekstrak - 2 sendok makan + 1 sendok teh minyak goreng - 2 sendok makan + 1 sendok teh susu cair - 75 gram tepung terigu protein rendah / sedang
Bahan B: - 4 butir putih telur - 60 gram gula pasir
Bahan C: - 1 - 2 sendok teh pasta coklat sebagai pewarna (saya menggunakan pasta black forrest)
Bahan D: - 10 sendok makan krim kental *) - 2 sendok makan gula pasir - 3 sendok makan selai nanas, panaskan dgn 2 sendok makan air

*) Krim kental merupakan kepala susu dimana kandungan lemaknya lebih tinggi dibandingkan dgn susu cair biasa. Jenisnya bisa cooking cream, heavy cream dan whipping cream. Untuk bisa dikocok hingga mengembang dan kaku maka diperlukan jenis heavy cream untk whipped cream dan whipping cream. Whipping cream sendiri ada dua jenis dairy dan non dairy cream, dairy cream biasanya memiliki rasa lebih lezat tetapi mudah meleleh kala diletakkan di suhu ruang. Untuk roll cake ni saya menggunakan jenis non dairy cream merk Avoset.Krim kental bisa diperoleh di toko bahan kue dan supermarket besar biasanya diletakkan di bagian produk susu bersama keju, butter, susu segar dan yogurt.
Cara membuat: Siapkan loyang panjang untk cake gulung, ukuran 35 x 25 cm dgn ketinggian sekitar 10 cm. Oles loyang dgn margarine kemudian alasi loyang dgn menggunakan kertas baking. Olesi permukaan kertas baking dgn margarine secara merata untk mencegah cake lengket.

Note:
* Gunakan kertas baking dgn kualitas yg baik agar kue tak lengket saat kertas dilepaskan.
** Sebaiknya lebihkan panjang kertas di sisi & kiri kanan loyang agar kue mudah dikeluarkan hanya dgn menarik kertas ke atas.
Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Siapkan mangkuk, masukkan bahan A, kecuali tepung terigu ke dlm mangkuk. Aduk rata menggunakan spatula balon hingga tercampur dgn baik dan gula larut. Tidak perlu hingga berbusa-busa. Masukkan tepung terigu dgn cara diayak langsung diatas adonan. Aduk dgn rata. Sisihkan.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?

Siapkan mangkuk mikser, masukkan putih telur. Kocok dgn speed sedang hingga berbusa. Masukkan gula pasir sesendok demi sesendok ke dlm kocokan putih telur, dan pastikan gula tercampur dgn baik sebelum menambahkan porsi gula berikutnya. Kocok putih telur hingga kaku. Tandanya ketika pengocok diangkat maka puncak adonan membentuk ujung yg runcing dan tak terkulai. Hentikan proses pengocokan. Over beating akan menyebabkan putih telur pecah dan terpisah antara cairan dan bahan lainnya.
Note: Matikan mikser beberapa kali untk mengecek apakah kocokan putih telur telah kaku, jika pengocok diangkat dan ujung adonan masih terkulai maka lanjutkan mengocok hingga kaku.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Ambil sekitar 1 sendok besar kocokan putih telur, masukkan ke dlm adonan A. Aduk cepat hingga tercampur baik dan adonan A menjadi sedikit encer. Cara ni membuat adonan A tak terlalu pekat sehingga mudah tercampur ketika kocokan putih telur kita campurkan ke dalamnya.
Ambil setengah sisa kocokan putih telur, masukkan ke dlm adonan A dan aduk perlahan dgn teknik aduk balik (lipat atau folding), lakukan dgn gerakan lembut agar kocokan putih telur tak mengempis. Masukkan sisa putih telur dan aduk hingga semua adonan tercampur dgn baik. Ambil sekitar 2 sendok makan adonan, sisihkan di mangkuk kecil. Kita akan menggunakannya untk membuat motif jerapah.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Tambahkan pasta coklat kedalam sisa adonan di mangkuk besar, aduk perlahan hingga tercampur baik. Jika warna coklat kurang gelap tambahkan beberapa tetes lagi hingga sesuai dgn selera anda. Sisihkan.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Masukkan 2 sendok makan adonan yg tadi kita sisihkan ke dlm kantung plastik (kantung segitiga khusus untk menyemprot adonan tentunya lebih baik, tapi saya hanya menggunakan kantung plastik biasa). Ikat ujung plastik hingga rapat, potong salah satu ujungnya sedikit.
Panaskan oven, set di suhu 150'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.
Semprotkan adonan di dlm plastik ke atas permukaan loyang yg telah disiapkan, buatlah motif jerapah sesuai dgn kreatifitas anda. Anda jg bisa membuat motif lainnya seperti polkadot, bersilang / kotak. Masukkan loyang ke dalam freezer, diamkan sekitar 5 - 10 menit hingga keras dan beku.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Keluarkan loyang dari freezer, sentuh adonan dgn ujung jari untk mengetes kekerasannya. Jika telah cukup keras, tuangkan adonan coklat ke atas permukaan loyang. Goyang-goyangkan loyang hingga adonan menutup permukaan loyang secara merata. Hentakkan loyang dua kali untk melepaskan gelembung udara dari adonan. Panggang selama 10 - 15 menit / hingga ketika permukaan kue disentuh dgn ujung jari maka kue terasa kenyal dan elastis, tak lengket di tangan, dan saat lidi ditusukkan tak ada adonan yg lengket.
Keluarkan cake dari oven. Sisiri bagian tepi cake yg bersentuhan dgn loyang menggunakan pisau yg tajam untk memastikan cake lepas dari loyang. Siapkan selembar kertas baking di meja, dan balikkan kue di permukaan kertas. Kemudian balikkan cake di selembar serbet yg bersih dan lebar. Buat irisan tipis di atas permukaan cake dgn menggunakan pisau tajam, tujuannya untk membuat cake tak pecah saat digulung dan memudahkan kita menggulungnya. Anda bisa mengiris bagian ujung dan pinggir cake yg tak rata dgn menggunakan pisau tajam.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Letakkan selembar kertas baking di atas permukaan cake. Tujuannya agar cake tak lengket ketika gulungan kita buka saat hendak mengoles selai dan krim. Gulung cake dgn bantuan serbet sambil melepaskan kertas baking yg menempel di dasar cake sambil sesekali jemari tangan memadatkan cake. Gulung hingga bagian ujung, bungkus cake dgn kertas baking bekas mengalas cake, dan bungkus dgn serbet. Sisihkan agar cake mendingin.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Sambil menunggu cake dingin kita siapkan krimnya. Masukkan krim kental ke dlm mangkuk, tambahkan gula pasir. Kocok dgn mikser speed sedang hingga kembang, kental dan kaku. Ketika ujung pengocok kita angkat maka krim membentuk puncak yg kaku. Hentikan mengocok.

Note: Over beating akan menyebabkan krim terpisah antara lemak dan air, dan tak bisa anda gunakan lagi.

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Jika cake telah dingin, buka bungkusannya dgn hati-hati. Bentangkan cake dan olesi permukaannya dgn selai nanas yg telah sedikit dicairkan dgn air. Olesi hingga seluruh permukaan cake tertutup selai dgn baik. Lanjutkan dgn mengoleskan kocokan krim di permukaannya.

Gulung cake kembali dan bungkus dgn kertas baking. Simpan di kulkas minimal 2 jam untk membuat cake dan krim mengeras dan mudah untk dipotong (saya memasukkannya ke dlm loyang loaf).

Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?
Potong-potong cake sesuai selera dan siap disantap. Yummy!

Sources:
Web Recipe Can - Sakura Swiss Roll Cake
Wikipedia - Swiss Roll
Delicious Magazine - How to make a swiss roll

0 Response to "[Cake] Swiss Roll Cake Motif Jerapah atau Benang Kusut?"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *