This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Unik/Aneh] Rokok Marlboro Awalnya Ditujukan Untuk Kaum Wanita

Rokok Marlboro Awalnya Ditujukan Untuk Kaum Wanita

baca98.blogspot.com - Anda yg hobi merokok pasti kenal dgn merek rokok Marlboro. Perjalanan produk rokok filter yg iklannya banyak menggambarkan kuda jantan ni sudah cukup panjang. Marlboro pertama kali diluncurkan pd tahun 1847 di Inggris. Brand ni dimiliki oleh Philip Morris.
Nama Marlboro sendiri diambil dari nama salah satu jalan di London, Marlborough. Konstruksi
jalan ni mulai dibuat pd awal abad ke- 18.Nama Marlborough itu sendiri diabadikan dari nama komandan pertama pasukan Inggris, John Churchil yg jg bergelar 1st Duke of Marlborough.
Jalan ni sekarang menjadi pusat kegiatan komersial yg cukup ramai di kota London.
Kembali ke laptop, pd mulanya rokok Marlboro sebenarnya menyasar target pasar kaum perempuan. Pemilihan warna dasar merah pd strip rokok yg diproduksi saat itu menjadi salah satu buktinya. Strip merah di pangkal barang rokok punya tujuan untk mengkamuflase bekas lipstik yg menjadi kosmetik dasar kaum perempuan saat itu. Warna merah ni kemudian jg menjadi corporate color Marlboro.
Saat terjadi Perang Dunia II, pasar Marlboro turun drastis. Pasar mulai melihat rokok Marlboro yg tak pakai filter sebagai ancaman serius bagi kesehatan. Ini menjadi gangguan serius bagi produk tersebut. Untuk mengatasinya, Marlboro kemudian membuat perubahan drastic. Semua produk rokoknya lalu diberi filter untk mengubah persepsi pasar.
Yang lebih penting lagi, Marlboro kemudian jg meluaskan target pasar. Yang semula hanya menyasar kaum wanita, Marlboro kemudian membidik jg kaum pria. Pada tahun 1954, Marlboro membuat iklan yg kemudian sampai sekarang terus membekas di pasar. Ikon iklan itu adlh seorang cowoboy yg gagak berani dgn topi yg khas.
Iklan ni cukup berhasil memberi kesan. Lewat iklan itu, Marlboro ingin menempatkan diri sebagai simbol pria yg gagah dan pemberani. Di masa selanjutnya, pasar kaum pria menyerap produk tersebut dgn baik. Makin lama, bahkan Marlboro menjadi bagian dari gaya hidup kaum pria saat itu. Untuk tampil keren, seorang pria menjadi perlu untk menjadi konsumen Marlboro.
Tahun 1998, asosiasi tembakau dunia membuat aturan yg mengubah dunia periklanan rokok. Lembaga tersebut mengharuskan para produsen rokok untk memasang iklannya di majalah dewasa dan tak secara vulgar menampilkan produknya. Ini kemudian jg menjadikan Marlboro membuat beberapa perubahan.
Salah satu perubahan yg terlihat adlh situs www.marlboro.com yg menjadi situs resmi produk tersebut tak bisa diakses secara sembarangan. Untuk bisa mengakses situs tersebut harus terlebih dulu mendaftar dan diserukan agar pengaksesnya minimal berusia 21 tahun.
sumber

source : http://bbc.co.uk, http://docstoc.com

0 Response to "[Unik/Aneh] Rokok Marlboro Awalnya Ditujukan Untuk Kaum Wanita"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *