This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Lowongan Dosen dan Pegawai] Tanda Isim dan Pembagian Tanwin dalam Bahasa Arab

baca98.blogspot.com - Sebagai penggemar bahasa Arab, tentu saja kajian terhadap ilmu nahwu harus senantiasa dilakukan. Salah satu kajian yg paling mendasar yaitu mengenai tanda-tanda isim dan pembagian tanwin dlm ilmu nahwu.
Tanda Isim dan Pembagian Tanwin dalam Bahasa Arab
Sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Malik yg kemudian disyarah oleh Ibnu Aqil bahwasanya salah satu tanda yg menunjukkan suatu kata berkedudukan sebagai isim adlh dgn adanya jar. Dalam nadhamnya, Ibnu Malik menjelaskan sebagainberikut:
بِا لجَرِّ Ùˆَ التَّÙ†ْÙˆِÙŠْÙ†ِ Ùˆَ النِّدَا Ùˆَ اَÙ„ْ * Ùˆَ Ù…ُسْÙ†َدٍ Ù„ِÙ„ْØ¥ِسْÙ…ِ تَÙ…ْÙŠِÙŠْزٌ Ø­َصَÙ„
"Dengan jar, tanwin, nida', al, dan musnad, isim dpt dibedakan dari yg lainnya."
Dalam bait diatas dijelaskan bahwasanya alamat-alamat yg menunjukkan isim antara lain ialah jar. ungkapan ni mencakup pengertian jar disebabkan oleh huruf, idhafah dan tabaiyyah, misalnya contoh berikut ini:
Ù…َرَرْتُ بِغُÙ„َاِÙ… زَÙŠْدٍ الفَاضِÙ„ِ
"Aku telah bertemu dgn pelayan Zaid yg terhormat"
Lafadzh ghulami di jarkan oleh huruf jar yaitu ba'. Lafadz al-Faadhili dijarkan oleh tabaiyyah karena menjadi sifat dari si Zaid. Ungkapan ni pengertiannya lebih mencakup dibandingkan ungkapan yg mengatakan "huruf jar" sebab apabila dikatakan huruf jar pengertiannya tak mencakup jar yg disebabkan oleh idhafah dan tak pula oleh tabaiyyah.
Di antara alama isim lainnya yaitu adanya tanwin. Tanwin ada empat macam, yaitu:
  1. Tanwin tamkin, yaitu tanwin yg terdapat pd isim-isim yg mu'rab seperti lafadz "Zaidun" (زَÙŠْدٌ) dan "Rajulun" (رَجُÙ„ٌ) . Dikecualikan yaitu tanwin yg terdapat pd jama' muannats salim seperti yg terdapat pd lafadz "muslimaatin" (Ù…ُسْÙ„ِÙ…َاتٍ). Dikecualikan pula tanwin yg terdapat pd kalimat "jawaarin" (جَÙˆَارٍ) dan "Ghawaasyin" (غَÙˆَاشٍ).
  2. Tanwin tankir, yaitu tanwin yg terdapat pd isim-isim yg bersifat mabni untk membedakan isim yg makrifat dan isim yg nakirah. Contoh
  • Ù…َرَرْتُ بِسِÙŠْبَÙˆَÙŠْÙ‡ِ Ùˆَ بِسِÙŠْبَÙˆَÙŠْÙ‡ٍ اَØ®َر (Aku bertemu dgn Sibawaih dan Sibawaih yg lain )
  • Tanwin muqabalah yaitu tanwin yg terdapat pd jamak muannats salim seperti lafadz muslimaatin (). Tanwin ni berkedudukan sebagai pembanding huruf nun yg terdapat pd jama' mudzakar salim seperti lafadz muslimiina (Ù…ُسْÙ„ِÙ…ِÙŠْÙ†َ).
  • Tanwin iwadh. Tanwin ni terbagi menjadi tiga bagian:
    • Tanwin yg terdapat pd huruf idz (اِØ°ْ) yg berfungsi sebagai pengganti dari suatu jumlah sesudahnya yg tak disebutkan. Contoh firman Allah ta'ala: Ùˆ انتم حينئذ تنظرون (padahal kalian ketika itu melihat). Maksudnya, padahal kalian melihat ketika ruh sampai di tenggorokan. Jumlah kalimat (بَÙ„َغَتِ الرُّÙˆْØ­ُ الحُÙ„ْÙ‚ُÙˆْÙ…) tak disebutkan, tetapi diganti oleh tanwin. Tanwin jenis ni berkedudukan sebagai pengganti isim yg tak disebutkan yg terdapat pd kata Kullun (ÙƒُÙ„ٌّ). Contoh: "semuanya berdiri" (ÙƒُÙ„ٌّ Ù‚َائِÙ…ٌ). Makna yg dimaksud adlh (ÙƒُÙ„ُّ اِÙ†ْسَانٍ Ù‚َائِÙ…ٌ). Lafadz insanun tak disebutkan tetapi diganti oleh tanwin. Bagian lain dari tanwin jenis ni ialah tanwin yg berkedudukan sebagai pengganti huruf yg tak disebutkan seperti lafadz "Jawaarin" (جَÙˆَارٍ), "Ghawaasyin" (غَÙˆَاشٍ), dan sebagainya, baik dlm keadaan rafa' ataupun jar. Contoh dlm keadaan rafa' yaitu seperti "Semuanya itu adlh perahu" (Ù‡َؤُÙ„َاءِ جَÙˆَارٍ). Contoh dlm keadaan jar seperti "Aku menjumpai perahu-perahu" (Ù…َرَرْتُ بِجَÙˆَارٍ). Pada kedua contoh ni huruf ya dibuang, lalu diletakkan tanwin sebagai gantinya.Pada kedua contoh di atas huruf ya dibuang, lalu diletakkan tanwin sebagai gantinya.
    • Tanwin tarannum yaitu, tanwin yg terdapat pd qafiyah (akhir bait syair) yg bunyinya diperpanjang dgn huruf illah seperti yg terdapat pd ungkapan seorang penyair: "Tinggalkanlah celaan dan makianmu itu hai perempuan pencelaku, dan katakanlah olehmu bila aku berbuat benar, sungguh aku telah berbuat benar (اَÙ‚ِÙ„ِّÙŠ اللَّÙˆْÙ…َ عاَØ°ِÙ„َ Ùˆَ العِتَابَÙ†ْ * Ùˆَ Ù‚ُÙˆْÙ„ِÙŠ اِÙ†ْ اَصَبْتُ Ù„َÙ‚َدْ اَصَابَÙ†ْ). Diletakkan tanwin sebagai pengganti alif (huruf illah) semata-mata tarannum (keindahan bunyi huruf pd akhir bait syair). Contoh lainnya ialah ungkapan penyair berikut ini: (اَزِفَ التَّرَØ­ُّÙ„ُ غَÙŠْر َاَÙ†َّ رِÙƒَابَÙ†َا * Ù„َÙ…َّا تَزُÙ„ْ بِرِØ­َالِÙ†َا Ùˆَ ÙƒَØ£َÙ†ْ Ù‚َدِÙ†ْ) Artinya: "Telah dekat waktu berangkat, hanya saja kendaraan kami belum berangkat, seakan-akan waktu perpisahan telah terjadi".
    • Tanwin ghali. keberadaan tanwin ni telah dibuktikan oleh Imam Akhfasy, yaitu tanwin yg berada di akhir qafiyah yg muqayyadah, seperti ucapan seorang penyair: (ÙˆَÙ‚َائِÙ…ِ الأَعْÙ…َاقِ Ø®َاوِÙŠ المُØ®ْتَرَÙ‚َÙ†ْ) Artinya: "Berapa banyak pendalaman yg luas tak ada yg menempuhnya".
    Dilihat secara lahiriyah menunjukkan bahwa semua jenis tanwin itu adlh ciri-ciri khas isim, padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena tanwin yg khusus menjadi tanda isim ialah tanwin tamkin, tanwin tankir, tanwin muqabalah, dan tanwin iwadh. Adalah tanwin tarannum dan tanwin ghali bisa masuk kepada isim, fiil, dan huruf. Di antara ciri-ciri khas isim lainnya ialah nida, contoh (ياَ زَÙŠْدُ), alif lam, contoh (الرَّجُÙ„ُ) dan musnad / musnad ilaih, contoh (زَÙŠْدٌ Ù‚َائِÙ…ٌ). Ungkapan al dipakai sebagai pengganti pengertian alif dan lam. hal ni pernah dilakukan oleh sebagian ahli nahwu di antaranya imam Khalil. Oleh sebab itu Ibnu Malik memakai istilah musnad sebagai pengganti isnad ilaih.
    Demikianlah sedikit penjelasan mengenai alamat-alamat isim serta pembagian tanwin dlm ilmu nahwu bahasa Arab. Semoga bermanfaat.

    Teks Arab Syarah Ibn Aqil:



    بالجر والتنوين والندا وأل *ومسند للاسم تمييز حصل ذكر المصنف رحمه الله تعالى في هذا البيت علامات الاسم. فمنها الجر: وهو يشمل الجر بالحرف والإضافة والتبعية نحو مررت بغلام زيد الفاضل فالغلام مجرور بالحرف وزيد مجرور بالإضافة والفاضل مجرور بالتبعية وهو أشمل من قول غيره بحرف الجر لأن هذا لايتناول الجر بالإضافة ولا الجر بالتبعية. ومنهما التنوين : وهو على أربعة أقسام: تنوين التمكين: وهو اللاحق للأسماء المعربة كزيد ورجل إلا جمع المؤنث السالم نحو مسلمات وإلا نحو جوار وغواش وسيأتي حكمهما وتنوين التنكير: وهو اللاحق للأسماء المبنية فرقا بين معرفتها ونكرتها نحو مررت بسيبويه وبسيبويه آخر وتنوين المقابلة وهو اللاحق لجمع المؤنث السالم نحو مسلمات فإنه في مقابلة النون في جمع المذكر السالم كمسلمين. وتنوين العوض وهو على ثلاثة أقسام : عوض عن جملة : وهو الذي يلحق إذ عوضا عن جملة تكون بعدها كقوله تعالى: {وأنْتُÙ…ْ Ø­ِينَئذٍ تَÙ†ْظُرُونَ} أي حين إذ بلغت الروح الحلقوم فحذف بلغت الروح الحلقوم وأتى بالتنوين عوضا عنه وقسم يكون عوضا عن اسم وهو اللاحق لكل عوضا عما تضاف إليه نحو كل قائم أي كل إنسان قائم فحذف إنسان وأتى بالتنوين عوضا عنه. وقسم يكون عوضا عن حرف: وهو اللاحق لجوار وغواش ونحوهما رفعا وجرا نحو هؤلاء جوار ومررت بجوار فحذفت الياء وأتي بالتنوين عوضا عنها. وتنوين الترنم : وهو الذي يلحق القوافي المطلقة بحرف علة كقوله: أقلى اللوم عاذل والعتابن * وقولي إن أصبت لقد أصابن فجيء
    بالتنوين بدلا من الألف لأجل الترنم وكقوله: أزف الترحل غير أن ركابنا * لما تزل برحالنا وكأن قدن
    والتنوين الغالي : وأثبته الأخفش وهو الذي يلحق القوافي المقيدة كقوله : وقاتم الأعماق خاوي المخترقن

    وظاهر كلام المصنف أن التنوين كله من خواص الاسم وليس كذلك بل الذي يختص به الاسم إنما هو تنوين التمكين والتنكير والمقابلة والعوض وأما تنوين الترنم والغالي فيكونان في الاسم والفعل والحرف . ومن خواص الاسم: النداء نحو يا زيد والألف واللام نحو الرجل والإسناد إليه نحو زيد قائم. فمعنى البيت حصل للاسم تمييز عن الفعل والحرف بالجر والتنوين والنداء والألف واللام والإسناد إليه أي الإخبار عنه. واستعمل المصنف أل مكان الألف واللام وقد وقع ذلك في عبارة بعض المتقدمين وهو الخليل واستعمل المصنف مسند مكان الإسناد له.
    Baca:




    source : http://tribunnews.com, http://cnn.com

    0 Response to "[Lowongan Dosen dan Pegawai] Tanda Isim dan Pembagian Tanwin dalam Bahasa Arab"

    Post a Comment

    Contact

    Name

    Email *

    Message *