This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Al-Qur'an] Nama Malaikat dan Tugasnya

Nama Malaikat dan Tugasnya | Iman adanya Malaikat-malaikat Allah. Malaikat tak berwujud kasar dan tak bisa dilihat oleh mata yg berkelopak.Makhluk yg halus dan mengemban tugas pribadi dari Allah untk hamba-hamba-Nya. Termasuk dia menjaga ‘Arys, surga neraka dan ada yg bertugas mencatat tiap perbuatan baik buruk manusia.
Pengatur rizki, hujan dan jg malaikatlah yg mencabut nyawatermasuk malaikat itu sendiri, karena tak ada perbedaan dlm kematian. Malaikat tak mempunyai jisim / tubuh sebab malaikat mahluk halus. Manusia tak bisa melihatnya karena dia tak berjisim sehagaimana manusia tak mampu melihat udara. Karena udara adlh benda halus dan tak berjisim. Manusia tak bisa melihat udara tapi mampu merasakan udara, sehingga para manusia menarik kesimpulan bahwa udara ni ada dan selalu di sekitar kita. Orang-orang percaya terhadap adanya udara padahal mereka tak pernah melihat udara, mereka percaya karena mereka merasakan. Makaikat jg demikian dan sudut pandangan manusia bahwa tak pernah melihat, akan tetapi ia wajib percaya adanya malaikat walaupun tak pernah melihat sehagaimana ia tak pernah melihat udara tapi percaya adanya udara.
Nama Malaikat dan Tugasnya
Alat untk merasakan adanya udara hanya dgn ketajaman panca indera. Akan tetapi alat untk merasakan sehingga timbul iman kepada adanya malaikat adlh dgn kehalusan budi dan jiwa. Halusnya budi dan tajamnya jiwa akan rnampu mengantarkan pcrasaan ni percaya adanya malaikat. Tapi sejauh itu manusia tetap tak bisa melihat malaikat sehagaimana tetapnya ia tak bisa melihat udara. Hanya para Nabi yg dianugrahi keistimewaan oleh Allah mampu melihat malaikat dlm bentuk aslinya. yg hertugas menyampaikan suatu masalah / amanah dan Allah kepada Nabi, maka oleh Allah dilihatkan bentuk malaikat yg asli.
Untuk orang-orang khusus, kekasih-kekasih Allah selain Nabi dan Rasul ada yg diberi keistimewaan dpt melihat malaikat akan tetapi tak dlm bentuk yg asli. Artinya, malaikat dan bentuk halus berubah menjadi bentuk kasar dan berjisim. Kekasih kekasih Allah selain Nabi dan Rasul baru mampu mehihatnya, ni pun tak sembarang orang di hadapan Allah SWT.
Berubahnya malaikat dan bentuk yg asli halus kepada bentuk berjisim, hal ni tak menyulitkan pemikiran orang-orang lemah. Malaikat itu halus sebagaimana halusnya seseorang yg memiliki angan-angan. karena angan-angan tak bisa dilihat dan tak bisa diketahui bentuknia. sebab bentuk itu masjh halus belum terbukti / kasar. Dalam jangka waktu tertentu angan angan itu terwujud berubah menjadi bentuk kasar. Sehingga dikatakan bahwa perubahan dan bentuk halus sehagaimana malaikat kepada bentuk kasar berjisim tak akan menyulitkan pemikiran orang-orang lemah, sebab mulanya angan-angan yg tak bisa dihihat akhirnya jg bisa dihihat oleh mata. Yang jelas wajib percaya dan beriman kepada malaikat karena ialah yg menjaga; masalah syar’iyah. keduniaan / akherat, bahkan dlm ayat-ayat AlQur’an ada yg menjaga juga.
Adapun malaikat yg wajib diketahui ada 10 dan tugasnya adlh sebagai beriut :
1. Malaikat Jibril
Malaikat Jibril adlh malaikat paling utama dan malaikat yg pernah shalat dgn Rasulullah saw. Tugas dari malaikat Jibril adlh menyampaikan wahyu. Allah jg menamai Malaikat Jibril dgn “Ar-ruh al-Amin”
2. Malaikat Mikail
Malaikat mikail disebut jg Malaikat Mikal. Tugas dari malaikat Mikail adlh menurunkan hujan. Maka sudah sepantasnya kita bersyukur apabila hujan turun ke permukaan bumi, karena itu merupakan pemberian dari Allah melalui malaikat Mikail.
3. Malaikat Israfil
Malaikat Israfil diberi tugas untk meniup sangkakala. Jika Allah memerintahkan kepada Malaikat Israfil melaksanakan tugasnya, maka yg akan terjadi adlh kehancuran alam dunia.
4. Malaikat Izrail
Tugas dari malaikat Izrail adlh mencabut nyawa dari tiap makhluk hidup, terutama manusia.
5. Malaikat Munkar
Malaikat Munkar mempunyai tugas memberikan pertanyaan kepada manusia ketika di alam kubur.
6. Malaikat Nakir
Tugas dari Malaikat Nakir sama dgn tugas Malaikat Munkar.
7. Malaikat Raqib
Tugas Malaikat Raqib adlh mencatat amal baik perbuatan manusia. Sekecil apapaun amal baik kita, tetap akan dicatat sebagai amal baik oleh malaikat Raqib.
8. Malaikat Atid
Tugas Malaikat Atid adlh mencatat amal buruk perbuatan manusia. Maka kita harus haati-hati ketika melakukan suatu amalan. Sekecil apapun dosa yg kita lakukan baik disengaja ataupun tidak, pastilah akan ada buktinya kelak.
9. Malaikat Malik
Malaikat Malik bertugas sebagai penjaga neraka.
10. Malaikat Ridwan
Sedangkan Malaikat Ridwan bertugas sebagai penjaga syurga.
Perumpamaan diatas hanya untk memudahkan. misal kondisi malaikat diumpamakan udara dlm segi halusnya. bukan artinya malaikat seperti keadaan udara, hanyalah bertujuan untk memudahkan pengertian deinisi malaikat. Juga berubahnya malaikat dan bentuk halus kepada bentuk berjisim seperti manusia umpama, yg diidentikkan dgn angan-angan, itu jg sekedar perumpamaan saja untk pemahaman. Bukan artinya perubahan itu seperti berubahnya angan-angan menjadi suatu bentuk kerja yg nyata. Yang jelas malaikat adlh makhluk tanpa jasad, diciptakan Dari Nur, dia tak makan dan minum dan tak pula ía melanggar dan maksiat terhadap perintah Allah SWT.

0 Response to "[Al-Qur'an] Nama Malaikat dan Tugasnya"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *